Celana Chino Yang Digemari Kaum Muda

Wednesday, March 13, 20135comments


Indonesia termasuk negara yang berkembang pesat dalam dunia fashion, fashion yang sangat digemari oleh para kaum muda adalah CELANA CHINO. Sebelumnya saya hanya bercerita tentang sekilas Celana Chino yang konon sangat laku dipasaran, bahan dasar yang digunakan pun banyak yang menyebut bahwa chino berbahan twill, kanvas bahkan bahan jeans halus.

Pada awalnya, Chino bergooming dari daerah kota kembang Bandung namun seiring waktu celana chino sudah menyebar diseluruh kota di Indonesia bahkan diluar negeri. Sebenarnya celana chino sudah hadir sejak lama, pada saat itu celana chino adalah sebagai celana untuk kerja namun sekarang ini celana chino sebagai fashion sehari-hari.

Menurut versi masing-masing banyak yang berbeda karena setelah bergoomingnya celana ini jadi sebagai perdebatan.Adapula yang mengatakan sejarah celana ini dikembangkan pada pertengahan abad ke-19 untuk seragam militer Inggris dan Perancis, telah sejak bermigrasi ke pakaian sipil. Celana seperti kain mendapatkan popularitas di Amerika Serikat ketika Spanyol-Amerika veteran Perang kembali dari Filipina dengan celana kepar militer mereka.

Sejarah chino kembali ke pertengahan abad ke-19 India. Harry Burnett Lumsden, seorang perwira tentara Inggris ditempatkan di Mardan di perbatasan Peshawar, melihat bahwa pasukannya membutuhkan seragam lebih cocok untuk daerah. Dia dicelup piyama katun dengan ekstrak tanaman untuk menghasilkan pakaian yang ringan yang tidak hanya lebih tepat untuk iklim tapi dicampur dengan warna dari daerah sekitarnya. Para Hindi lokal atau kata Urdu untuk warna berdebu itu "khaki" - sebuah istilah yang segera menjadi identik dengan seragam baru.


Desain yang menarik, pas untuk dikaki adalah ciri yang menonjol dari celana tersebut. Bagaimana dengan orang bertubuh besar memakai celana chino??? kebanyakan orang yang memiliki dan memakai celana chino sebagian adalah orang yang bertubuh kurus dan ideal. Biasanya orang yang memakai celana chino yang bertubuh besar akan memilih celana chino pendek karena mereka juga merasa tidak pantas memakai celana tersebut.

Harga yang ditawarkan oleh para distributor ataupun penjahit serta agen sangat bervarian, mulai dari Rp.150.000 - Rp. 300.000. Untuk memilih celana chino yang berkualitas adalah memilii ciri bahan yang tebal, jahitan rapet, desain yang elegan dan nyaman dipakai. Menurut saya pribadi bahan untuk yang bagus adalah bahan berdasar dari bahan Cotton Twill, Cotton Twill adalah jenis bahan dari hasil tenunan yang cukup baik.Bahan twill ini banyak jenisnya, bahkan biasanya agak susah dibedakan dengan bahan drill. Bahan twill yang biasanya digunakan untuk bahan celana adalah twill super (begitu orang konveksi menyebutnya), secara sekilas serat (alur) dan ketebalannya mirip dengan bahan drill.

Pada dasarnya, untuk memiliki atau untuk membeli celana chino adalah desain yang elegan serta nyaman digunakan para pengguna itu sendiri. Semoga Bermanfaat
Share this article :

Komentar

Proses Produksi

 
Support : Mahrus Website | Konveksi Betawi | Mas Template
Copyright © 2013. Jakarta Bordir Dan Kaos Topi - All Rights Reserved
Jakarta Bordir 2013 Free Expression